Kemenag Rokan Hulu Apresiasi Tanam Pohon dari LDII

Rokan Hulu (6/12). DPD LDII Rokan Hulu bersama Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu, mengadakan acara gerakan penghijauan di Ponpes Riyadhul Ulum, Setia Budi, Ujung Batu, Rokan Hulu, pada Selasa (30/11/2021) lalu.

Kegiatan penanaman pohon ini diinisiasi oleh DPD LDII Rohul dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Sebagai informasi, HMPI diperingati tanggal 28 November sesuai dengan Kepres nomor 24 Tahun 2008.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Kemenag Rohul Drs. H. Afrialsyah Lubis, M.Pd mengapresiasi kegiatan penanaman pohon ini sebagai wujud nyata dalam menjaga dan merawat bumi.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirraahiim, kita tanam bibit pohon ini di Pondok Pesantren Riyadhul Ulum semoga dapat tumbuh subur dan memberi manfaat bagi kita semua,” ujar H. Afrialsyah.

Diketahui, ada sekitar 100 bibit yang akan dilakukan penanaman di area lingkungan pondok pesantren. Hal ini dalam rangka mendukung bulan menanam pohon nasional, yang terdiri dari jenis bibit pohon berbuah. Di antaranya seperti kelengkeng, matoa, durian, petai dan pohon kayu putih.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Rokan Hulu Suparwoto, S.Pd menjelaskan kegiatan penanaman pohon pada tahun ini mengambil tempat di area pondok pesantren Riyadhul Ulum.

“Ini merupakan Ponpes binaan DPD LDII Rokan Hulu. Hal ini bertujuan memberikan pendidikan kepada siswa siswi agar memiliki rasa tanggung jawab. Tak hanya itu, acara ini juga untuk menjaga kelestarian alam, serta mendukung upaya pemerintah dalam program penghijauan.

LDII Rokan hulu mengharapkan, kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran bagi peserta didik betapa pentingnya menjaga dan merawat alam serta menjaga kelestariannya. Adapun manfaat lainnya diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat yang tinggal di pesantren.

“Jika pohon ini dirawat dan tumbuh subur tentu akan menghasilkan buah buahan yang baik sehingga dapat kita nikmati bahkan bisa memberikan nilai ekonomis”, kata Suparwoto.

Hadir dalam kesempatan itu, rombongan dari Kemenag Rokan Hulu, Dewan Penasihat DPD LDII beserta pengurus harian, Ketua Yayasan Tuah Amanah Umat, guru dan peserta didik dari SMP dan SMK Riyadhul Ulum, para ulama serta tokoh masyarakat setempat. (FW/LINES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.